MOTIVASI LULUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI MEMILIH PROFESI SELAIN TENAGA PENDIDIK (Tracer Study Lulusan Pendidikan Akuntansi angkatan tahun 2008-2009)

YUNUS, M. (2014) MOTIVASI LULUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI MEMILIH PROFESI SELAIN TENAGA PENDIDIK (Tracer Study Lulusan Pendidikan Akuntansi angkatan tahun 2008-2009). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (832Kb) | Preview

    Abstract

    M. Yunus. MOTIVASI LULUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI MEMILIH PROFESI SELAIN TENAGA PENDIDIK (Tracer Study Lulusan Pendidikan Akuntansi angkatan tahun 2008-2009). Skripsi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta Maret 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi lulusan pendidikan akuntansi memilih profesi selain tenaga pendidik; (2) mengetahui motivasi yang mendorong lulusan pendidikan akuntansi memutuskan memilih profesi selain tenaga pendidik; (3) mengetahui tingkat kesuksesan lulusan pendidikan akuntansi memilih profesi selain tenaga pendidik; dan (4) mengetahui peran kurikulum Program Studi Pendidikan Akuntansi dalam menunjang terbentuknya kompetensi lulusan pendidikan akuntansi Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dari angkatan 2008-2009 yang berprofesi selain tenaga pendidik. Sumber data penelitian dari subyek penelitian sebagi berikut: (1) Informan, yaitu lulusan pendidikan akuntansi yang berprofesi sebagai tenaga pendidik dan selain tenaga pendidik; dan (2) data tracer study lulusan pendidikan akuntansi tahun 2012-2013. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara secara langsung dengan metode wawancara baku terbuka, observasi terus terang atau tersamar, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Adapun analisis data menggunakan model interaktif langsung dan terus menerus. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi lulusan pendidikan akuntansi memilih profesi selain tenaga pendidik adalah faktor finansial (pendapatan) yang lebih menjanjikan, faktor mencari pengalaman baru, dan faktor peluang kerja yang lebih dominan dibandingkan profesi tenaga pendidik; (2) motivasi -motivasi yang mendorong lulusan pendidikan akuntansi memutuskan memilih profesi selain tenaga pendidik adalah motivasi ingin bekerja di nonpendidikan dan belum ada panggilan nurani berprofesi sebagai tenaga pendidik, motivasi ingin mencari kesejahteraan karena dari segi finansial (pendapatan) dan kemapanan yang lebih menjanjikan serta jenjang karir yang relatif cepat dibandingkan profesi tenaga pendidik, motivasi ingin mencari pengalaman baru di dunia kerja nonpendidikan dan ingin mengaplikasikan ilmu akuntansi yang diperoleh di bangku kuliah, dan motivasi ingin mengambil peluang yang ada karena peluang kerja yang ada lebih dominan dari pada profesi tenaga pendidik; (3) tingkat kesuksesan lulusan pendidikan akuntansi memilih profesi selain tenaga pendidik adalah sukses karena sudah merasa nyaman dan mapan diprofesi yang dijabatnya, kurang sukses karena belum sepenuhnya merasa mapan diprofesi yang dijabatnya, belum sukses tetapi sudah merasa nyaman, dan belum sukses karena masih dalam tahap meniti karir serta beradaptasi diprofesi yang dijabatnya; (4) kesesuaian hubungan kompetensi yang dimiliki dengan profesi yang dijabatnya adalah sesuai karena profesi yang dijabatnya masih seputar akuntansi dan sesuai dengan yang telah didapatkan dibangku kuliah, dan belum sesuai karena tidak seputar akuntansi dan tidak sama dengan yang telah didapatkan dibangku kuliah; (5) kelemahan kurikulum yang diterapkan di pendidikan akuntansi adalah kurangnya praktek dan simulasi langsung, kurangnya penambahan mata kuliah brevet pajak, enterpreneurship, dan peningkatan soft skill, dan kurangnya sarana IT (Information and Technology); (6) rencana dimasa yang akan datang ada keinginan menjadi tenaga pendidik adalah ada rencana menjadi tenaga pendidik jika berstatus PNS (Pengawai Negeri Sipil), ada rencana menjadi tenaga pendidik di luar dunia pendidikan formal seperti trainer pada sebuah instansi, dan belum ada rencana menjadi tenaga pendidik karena lebih tertarik berprofesi di nonpendidikan. Kata kunci : Motivasi, Profesi, dan Tenaga Pendidik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 22:12
    Last Modified: 03 Oct 2015 22:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20421

    Actions (login required)

    View Item