Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Konsep Kebidanan.

Sayuti, (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Konsep Kebidanan. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (500Kb) | Preview

    Abstract

    Menurut kondisi yang ada di Program Studi D4 Bidan Pendidik Universitas Tribhuwana Tungga Dewi Malang tampaknya masih perlu dilakukan pengkajian model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil ujian akhir mahasiswa tahun ajaran 2011-2012 masih terdapat banyak mahasiswa yang memperoleh hasil yang tidak memuaskan. Sebaran nilai yang diperoleh adalah D 7 orang (9.7%), C 20 orang (27.8%), B 30 orang (41.7%), A 15 orang (20.8%). Beberapa penelitian melaporkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar konsep kebidanan. Metode yang digunakan desain faktorial 2x3. Populasi berjumlah 84 orang mahasiswa, dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar (Fhit = 41,139 dengan p-value < 0,05). Motivasi belajar juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar (Fhit = 65,872 dengan p-value < 0,05). Interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi juga menunjukkan adanya interaksi yang signifikan terhadap prestasi belajar (Fhit = 15,419 dengan pvalue < 0,05). Kata Kunci: STAD, motivasi belajar, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 03 Oct 2015 21:10
    Last Modified: 03 Oct 2015 21:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20412

    Actions (login required)

    View Item