PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN CAMPURAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BENDAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Perwitasari, Selly (2015) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN CAMPURAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BENDAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (120Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bendan , Banyudono, Boyolali tahun ajaran 2013/ 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Bendan Banyudono Boyolali yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre tes kemampuan menghitung operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran adalah 40,5 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 14,29%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 65,54 dengan persentase pecapaian KKM sebesar 53,60%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,50 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 71,43%. Nilai rata-rata kelas pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 74,25 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 85,71%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe The Power Of Two dapat meningkatkan nilai kemampuan menghitung operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bendan, Banyudono, Boyolali tahun ajaran 2013/ 2014. Kata kunci : Model kooperatif The Power Of Two, Kemampuan menghitung pecahan campuran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 03 Oct 2015 21:05
    Last Modified: 03 Oct 2015 21:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20410

    Actions (login required)

    View Item