ANALISIS CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN KEUANGAN DAN NON KEUANGAN (Studi pada Perusahaan yang Melakukan IPO tahun 2004 – 2012)

B.M, Lutfi Sheilla Annisa (2014) ANALISIS CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN KEUANGAN DAN NON KEUANGAN (Studi pada Perusahaan yang Melakukan IPO tahun 2004 – 2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (730Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate goverrnance terhadap underpricing yang diukur dengan board size, board independence, institutional ownership, managerial ownership, underwriter reputation, firm size, dan firm age. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada periode pengamatan tahun 2004-2012. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup seluruh perusahaan keuangan dan non keuangan yang melakukan IPO dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan adalah purposive sampling diperoleh 95 perusahaan untuk model parametrik. Peneliti menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa board size, board independence, times effect, dan underwriter reputation berpengaruh signifikan dan negatif terhadap underpricing. Institutional ownership, managerial ownership dan BUMN effect berpengaruh tidak sigifikan terhadap underpricing. Penelitian ini diharapkan memiliki implikasi bagi perusahan, bagi investor dan calon investor, bagi regulator, dan bagi akademisi. Bagi perusahaan dapat dijadikan gambaran mengenai performa perusahaan. Para investor dan calon investor untuk mengetahui sinyal yang diberikan oleh perusahaan mengenai kinerjanya. Regulator dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk menetapkan kebijakan mengenai corporate governance di Indonesia agar pelaksanaan corporate governance di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Bagi akademisi, hasil penelitian ini dapat memberikan tambahan informasi mengenai pengaruh corporate givernance terhadap tingkat underpricing perusahaan. Kata kuci: underpricing, board size, board independence, institutional ownership, managerial ownership, times effect, BUMN effect dan underwriter reputation.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 20:44
    Last Modified: 03 Oct 2015 20:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20398

    Actions (login required)

    View Item