STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN HIDROKARBON DI SMA NEGERI 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Yunindar, Asyhari (2015) STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN HIDROKARBON DI SMA NEGERI 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (97Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pembelajaran kimia materi pokok Hidrokarbon dengan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest-posttest Comparasion Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X A sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran dengan metode TAI) dan kelas X E sebagai kelas eksperimen II (pembelajaran dengan metode STAD). Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode test objektif, sedangkan prestasi belajar afektif menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran TAI memberikan prestasi belajar kognitif yang lebih baik dibandingkan metode STAD, dimana berdasarkan hasil uji t-pihak kanan harga t hitung prestasi belajar aspek kognitif (2,67) lebih besar dari t (1,67). Hal ini disebabkan karena dalam metode pembelajaran TAI terdapat asisten yang membuat diskusi lebih terarah. Untuk aspek afektif metode pembelajaran TAI dan STAD memberikan hasil yang tidak signifikan berbeda hal tersebut disebabkan karena proses pembelajaran kedua metode tersebut sama-sama menerapkan pembelajaran kooperatif yang menekankan keaktifan siswa. tabel Kata Kunci : Metode pembelajaran, Students Teams Achievement Divisions (STAD), Team Assisted Individualization (TAI), Prestasi Belajar Siswa, Hidrokarbon.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 20:15
    Last Modified: 03 Oct 2015 20:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20384

    Actions (login required)

    View Item