PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS V SD NEGERI DERSANSARI 01 TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Semin, (2015) PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS V SD NEGERI DERSANSARI 01 TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (117Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SD Negeri Dersansari 01 tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Dersansari 01 tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dokumentasi, dan penilaian hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik diskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pembelajaran pada pratindakan bersifat konvesional, tidak menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif sehingga hasil belajar siswa rendah. Dari hasil analisis, diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I. Hasil belajar siswa meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II memberikan perubahan yang lebih baik sehingga bisa meningkatkan hasil belajar serta menciptakan suatu pembelajaran yang berkualitas. Hasil belajar lompat jauh gaya jongkok menunjukkan bahwa persentase kelulusan siswa meningkat dari 38% atau sebanyak 10 siswa dari 26 siswa pada prasiklus menjadi 62% atau sebanyak 16 siswa pada siklus I dan meningkat menjadi 86% atau sebanyak 22 siswa pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SD Negeri Dersansari 01 tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : Pendekatan Bermain, Hasil Belajar, Lompat Jauh Gaya Jongkok, Peningkatan Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 03 Oct 2015 19:54
    Last Modified: 03 Oct 2015 19:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20377

    Actions (login required)

    View Item