PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI KELAS X-TAV1 SMKN 1 LENGKONG

PRASETYANINGSIH, NOVENTY (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI KELAS X-TAV1 SMKN 1 LENGKONG. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (817Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Noventy Prasetyaningsih, S811208060. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams-Games-Tournament) Berbantuan Media Video Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di kelas X-TAV1 SMKN 1 LENGKONG. TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Soetarno Joyoatmojo. II : Dr. Suharno, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan (1) Penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantu media video pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas siswa pada kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di kelas X TAV 1 SMKN 1 Lengkong (2) Penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantu media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di kelas X TAV 1 SMKN 1 Lengkong. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan sebanyak 3 putaran yang bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa kelas X-TAV 1 SMKN 1 Lengkong. Hasil penelitian pada putaran I, II, III menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa selama pembelajaran yang meliputi Visual Activities, Writing Activities, Drawing Activities, Oral Activities, Motor Activities dan Emotional Activities mengalami peningkatan. Aktivitas siswa yang muncul dari keseluruhan aktivitas yang mungkin muncul sesuai indikator mengalami peningkatan, pada putaran I sebanyak 75 %, pada putaran II sebanyak 87,5 % dan pada putaran III sebanyak 100%. Rata-rata banyaknya aktivitas siswa pada putaran I sebanyak 63,5 %, pada putaran II sebanyak 84,3 % sedangkan pada putaran III sebanyak 85,9 %. (2) Penilaian hasil belajar siswa pada penelitian ini mencakup tes kinerja dan penilaian portofolio. Penilaian tes kinerja merupakan penilaian psikomotorik siswa pada kegiatan praktek, sedangkan penilaian portofolio merupakan penilaian siswa dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran yang mencakup penilaian kognitif berupa post test, penilaian afektif berupa penilaian sikap dan penilaian psikomotorik berupa penilaian praktek siswa. Hasil belajar klasikal pada setiap putaran sebesar 77,42 %, 83,9%, dan 93,5%. Kata kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Video Pembelajaran, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 03 Oct 2015 19:53
    Last Modified: 03 Oct 2015 19:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20374

    Actions (login required)

    View Item