PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON DI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Erwani, Selvi (2015) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON DI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (66Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada materi berkomunikasi melalui telepon pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Banyudono dengan menerapkan metode Bermain Peran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi dan interpretasi; (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran Teknologi Informasi standar kompetensi menerapkan keterampilan komunikasi lisan melalui telepon tahun pelajaran 2013/2014. Sumber data berasal dari guru, siswa, proses pembelajaran dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi,dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data, sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Bermain Peran dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa. Keaktifan siswa pada pratindakan hanya 62,5% dan prestasi siswa rendah yaitu 42,18% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peningkatan terjadi pada siklus I. Keaktifan belajar siswa dari pratindakan 62,5% menjadi 68,75%. Prestasi belajar siswa dari pratindakan 42,18% mencapai KKM menjadi 71,87%. Pelaksanaan siklus II keaktifan siswa meningkat sebesar 18,75% dari 68,75% menjadi 87,5% dan prestasi belajar siswa meningkat sebesar 17,13% dari 71,87% menjadi 89% pada siklus II siswa mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi standar kompetensi menerapkan keterampilan komunikasi lisan melalui telepon. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar, Bermain Peran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 03 Oct 2015 19:47
    Last Modified: 03 Oct 2015 19:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20372

    Actions (login required)

    View Item