EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP N DI KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Wicaksono, Setiawan (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP N DI KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (185Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari model pembelajaran dalam prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu media audio-visual, TGT, dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP di Kabupaten Pati tahun ajaran 2013/ 2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified cluster random sampling yang terdiri dari 283 peserta didik, yang terdiri dari 3, yaitu 97 peserta didik dalam kelas eksperimen I, 94 peserta didik dalam kelas eksperimen II, dan 92 peserta didik dalam kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah tes prestasi belajar dalam materi segiempat, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hipotesis penelitian diuji menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) model TGT berbantu media audiovisual menghasilkan prestasi belajar lebih baik dari pada model TGT dan model pembelajaran langsung, sedangkan model TGT menghasilkan prestasi belajar lebih baik dari model pembelajaran langsung, 2) peserta didik dengan komunikasi matematis tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dari pada peserta didik dengan komunikasi matematis sedang dan rendah, sementara peserta didik dengan komunikasi matematis sedang mempunyai prestasi belajar yang sama komunikasi matematis rendah, 3) a) pada kategori komunikasi matematis tinggi, model TGT berbantu media audio-visual menghasilkan prestasi belajar yang sama dengan model TGT, model TGT berbantu media audio-visual dan TGT memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari pada model pembelajaran langsung, 3) b) pada kategori komunikasi matematis sedang dan rendah, model TGT berbantu media audio-visual menghasilkan prestasi belajar yang sama baik dengan model TGT maupun model pembelajaran langsung, 4) a) pada model TGT berbantu media audio-visual, peserta didik yang mempunyai komunikasi matematis tinggi memberikan prestasi belajar yang sama baik dengan komunikasi matematis sedang, peserta didik yang mempunyai komunikasi matematis sedang memberikan prestasi belajar yang sama dengan komunikasi matematis rendah, dan peserta didik yang mempunyai komunikasi matematis tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari pada dengan komunikasi matematis rendah, 4) b) pada model TGT, peserta didik yang mempunyai komunikasi matematis tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari pada dengan komunikasi xv matematis sedang maupun rendah, dan peserta didik yang mempunyai komunikasi matematis sedang memberikan prestasi belajar yang sama dengan komunikasi matematis rendah, 4) c) pada model pembelajaran langsung, peserta didik yang mempunyai komunikasi matematis tinggi memberikan prestasi belajar yang sama dengan komunikasi matematis sedang maupun rendah. Kata Kunci: TGT, media audio-visual, komunikasi matematis, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 03 Oct 2015 19:00
    Last Modified: 03 Oct 2015 19:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20351

    Actions (login required)

    View Item