ORIENTASI INFORMASI TAJUK RENCANA HARIAN KOMPAS TERHADAP KASUS NAZARUDDIN (Studi Analisis Isi Kualitatif Pada Tajuk Rencana Harian Kompas Periode 11 Mei – 11 Juni 2011)

Nugraha, Setyabudi (2015) ORIENTASI INFORMASI TAJUK RENCANA HARIAN KOMPAS TERHADAP KASUS NAZARUDDIN (Studi Analisis Isi Kualitatif Pada Tajuk Rencana Harian Kompas Periode 11 Mei – 11 Juni 2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (81Kb) | Preview

    Abstract

    Nazaruddin adalah anggota DPR serta bendahara umum partai Demokrat yang diduga terlibat kasus korupsi dengan memberikan uang “Tanda Persahabatan” kepada sekretaris jenderal Mahkamah Konstitusi (MK). Kasus yang mendapat perhatian besar dari pemerintah dan media serta menjadi wacana yang sangat ramai diperbincangkan oleh hampir semua kalangan karena melibatkan banyak pihak ini membuat Kompas banyak mengupas dan memuatnya dalam Tajuk Rencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan orientasi informasi Kompas terhadap kasus Nazaruddin dalam tajuk rencana yang dimuat pada periode 11 Mei – 11 Juni 2011. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisa isi kualitatif dalam level teks yang diperinci oleh model Rizal Malarangeng. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: (1) Kompas sebagai media sudah menjalankan fungsi pengawasan (surveilance) dan anjing penjaga (watch dog) terhadap pemerintah. (2) Dalam Tajuk Rencananya, Kompas menggunakan skema yang lazim digunakan dalam Tajuk Rencana, yaitu berupa lead, isi dan penutup. (3) Orientasi informasi dalam Tajuk Rencana Kompas cenderung memandang kasus Nazaruddin tersebut dengan sikap netral karena ditujukan untuk memperjelas persoalan atau memperluas perspektif dalam melihat suatu atau beberapa masalah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 03 Oct 2015 18:46
    Last Modified: 03 Oct 2015 18:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20342

    Actions (login required)

    View Item