PENGARUH ATRIBUT PRODUK PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN WALI SISWA DALAM MEMILIH TAMAN KANAK-KANAK BERBASIS ISLAM UNTUK SEKOLAH ANAK TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Studi Kasus pada Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal di Bawah Garis Koordinasi Pimpinan Cabang „Aisyiyah Jebres Surakarta)

Rohman, Asri Rubi (2015) PENGARUH ATRIBUT PRODUK PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN WALI SISWA DALAM MEMILIH TAMAN KANAK-KANAK BERBASIS ISLAM UNTUK SEKOLAH ANAK TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Studi Kasus pada Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal di Bawah Garis Koordinasi Pimpinan Cabang „Aisyiyah Jebres Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (98Kb) | Preview

    Abstract

    vi Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengaruh atribut produk pendidikan Islam yang terdiri dari kualitas lulusan, kurikulum, aktivitas ekstrakurikuler dan sekolah sebagai pusat kegiatan masyarakat secara simultan terhadap keputusan wali siswa untuk menyekolahkan anaknya di Taman Kanak-kanak „Aisyiyah di bawah garis koordinasi Pimpinan Cabang „Aisyiyah Jebres Surakarta pada tahun ajaran 2013/ 2014. (2) untuk mengetahui pengaruh kualitas lulusan, kurikulum, aktivitas ekstrakurikuler, dan sekolah sebagai pusat kegiatan masyarakat secara parsial terhadap keputusan wali siswa untuk menyekolahkan anaknya di Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal di bawah garis koordinasi Pimpinan Cabang „Aisyiyah Jebres Surakarta pada tahun ajaran 2013/ 2014 Jenis penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wali (orang tua) siswa Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal di bawah garis koordinasi Pimpinan Cabang „Aisyiyah Jebres Surakarta yang mengambil keputusan memilih sekolah pada tahun ajaran 2013/ 2014. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling, proportional stratified sampling, dan simpel random sampling. Berdasarkan penghitungan menurut teori Slovin diperoleh sampel sebanyak 81 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh atribut produk pendidikan Islam yang terdiri dari kualitas lulusan, kurikulum, aktivitas ekstrakurikuler dan sekolah sebagai pusat kegiatan masyarakat secara simultan terhadap keputusan wali siswa untuk menyekolahkan anaknya di Taman Kanak-kanak „Aisyiyah di bawah garis koordinasi Pimpinan Cabang „Aisyiyah Jebres Surakarta pada tahun ajaran 2013/ 2014. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) terdapat pengaruh kualitas lulusan, kurikulum, aktivitas ekstrakurikuler, dan sekolah sebagai pusat kegiatan masyarakat secara parsial terhadap keputusan wali siswa untuk menyekolahkan anaknya di Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal di bawah garis koordinasi Pimpinan Cabang „Aisyiyah Jebres Surakarta pada tahun ajaran 2013/ 2014. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh secara parsial sebagai berikut kualitas lulusan = 0,259; kurikulum = 0,312; aktivitas ekstrakurikuler = 0,275; sekolah sebagai pusat kegiatan masyarakat = 0,484. (3) Berdasarkan hasil perhitungan data nilai Adjusted R Square sebesar 0,693 sehingga dapat diartikan bahwa 69,3% keputusan memilih Taman Kanak-kanak „Aisyiyah Bustanul Athfal di bawah garis koordinasi Pimpinan Cabang „Aisyiyah Jebres Surakarta pada tahun ajaran 2013/ 2014 Jebres Surakarta dipengaruhi oleh atribut pendidikan Islam, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : produk pendidikan Islam, pemasaran jasa pendidikan, keputusan memilih sekolah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 18:41
    Last Modified: 03 Oct 2015 18:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20340

    Actions (login required)

    View Item