PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A TK MUTIARA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Diastanti, Asri (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A TK MUTIARA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (103Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads together pada anak kelompok A Tk Mutiara Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di Tk Mutiara Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 23 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Di dalam pelaksanaan masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads togethers dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A Tk Mutiara Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil dan ketuntasan anak yang terus meningkat, dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar yang diperoleh anak kelompok A Tk Mutiara Surakarta dari saat pra siklus, samapi dengan kondisi akhir setelah perlakuan. Pada pra siklus didapatkan hasil dari 23 anak terdapat 5 anak (21,74%) yang dapat mencapai nilai tuntas (●) . Pada siklus I terdapat 10 anak ( 43,48) yang mencapai nilai tuntas (●). Pada akhir siklus II terdapat 20 anak (86,96) yang mencapai nilai tuntas (●). Hal ini menunjukkan ketercapaian indikator yang ditargetkan oleh peneliti yaitu 80%, sedangkan hasil penelitian menunjukkan ketuntasan anak yaitu 86,96%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads togethers (NHT) dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A Tk Mutiara tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, teknik numbered heads togethers (NHT) , kemampuan berhitung permulaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 18:33
    Last Modified: 03 Oct 2015 18:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20335

    Actions (login required)

    View Item