AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN UNIT MIKRO BANK MANDIRI CABANG SURAKARTA DALAM PEMASARAN KREDIT MIKRO DI PASAR GEDE

Syaifulloh, Widya Ahmad (2015) AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN UNIT MIKRO BANK MANDIRI CABANG SURAKARTA DALAM PEMASARAN KREDIT MIKRO DI PASAR GEDE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (235Kb) | Preview

    Abstract

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan elemen penting dalam perekonomian Indonesia. Pada masa krisis ekonomi yang berkepanjangan, UMKM dapat bertahan dan mempunyai potensi untuk berkembang. Di Surakarta, jumlah UMKM mendominasi jenis usaha yang ada di Surakarta. Bank Mandiri Cabang Surakarta berusaha mengakomodasi kebutuhan permodalan para pelaku usaha mikro dengan membentuk Mandiri Mitra Usaha (MMU). Mandiri Mitra Usaha memiliki sebuah Kantor Fungsional di Pasar Gede guna mengakomodir kebutuhan modal untuk para pedagang di Pasar Gede dan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran Bank Mandiri Cabang Surakarta melalui Mandiri Mitra Usaha dalam memasarkan produk pinjaman kredit mikro kepada para pelaku usaha di sektor mikro, khususnya di area Pasar Gede Surakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dimana peneliti hanya berusaha untuk memberi gambaran mengenai suatu fenomena tertentu yang tidak menggunakan rumus-rumus maupun simbol-simbol statistik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara serta dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan Bank Mandiri Cabang Surakarta melalui Mandiri Mitra Usaha menggunakan bauran promosi (promotion mix) yakni periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan tatap muka (personal selling), hubungan masyarakat (public relations), serta penjualan langsung (direct selling) dalam memasarkan produk pinjaman kredit mikro mereka kepada para pedagang di Pasar Gede. Dari kelima bauran promosi tersebut, personal selling merupakan yang paling dominan dilakukan, karena dianggap paling efektif untuk mendapatkan nasabah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 03 Oct 2015 18:17
    Last Modified: 03 Oct 2015 18:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20334

    Actions (login required)

    View Item