POLA INTERAKSI PENGRAJIN BATU NISAN DENGAN PELAKU PASAR DAN NON PASAR (Studi Kasus Kampung Gondang Kelurahan Manahan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta)

Cahyani, Okkie Pritha (2014) POLA INTERAKSI PENGRAJIN BATU NISAN DENGAN PELAKU PASAR DAN NON PASAR (Studi Kasus Kampung Gondang Kelurahan Manahan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (726Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pola interaksi pengrajin batu nisan dengan pelaku pasar. Pelaku pasar ini meliputi pengrajin, tengkulak dan konsumen. (2) Mengetahui pola interaksi yang terjadi antara pengrajin batu nisan dengan pelaku non pasar. Pelaku non pasar ini meliputi pemerintah daerah terkait dan petugas pemakaman. (3) Mengetahui hubungan antara kebudayaan Jawa dengan keberlangsungan usaha pengrajin batu nisan di Kampung Gondang. Unit analisis dalam penelitian ini adalah interaksi antara pengrajin batu nisan dengan pelaku pasar dan non pasar. Oleh karena itu informan yang dituju untuk proses pengambilan data penelitian ini adalah: (1) pengrajin batu nisan yang memproduksi untuk dijual ke konsumen (2) pengrajin batu nisan yang memproduksi untuk dijual ke tengkulak (3) pengrajin batu nisan yang memproduksi untuk dijual ke konsumen dan tengkulak. Informan pendukungdalam penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Kota Surakarta. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu: (1) wawancara tidak terstruktur dan wawancara mendalam; dan (2) observasi non-partisipan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 5 pola interaksi antara pengrajin batu nisan dengan pelaku pasar; (2) terdapat pola interaksi antara pengrajin batu nisan dengan pelaku non pasar; (3) kebudayaan berpengaruh besar terhadap keberlangsungan usaha bisnis pengrajin batu nisan. Saran-saran yang diberikan untuk pengrajin batu nisan: (1) perlu dibentuk sebuah organisasi atau paguyuban pengrajin batu nisan, agar mereka memiliki kesepakatan harga secara langsung antar sesama pengrajin batu nisan. (2) Selain itu, pemerintah juga harus turun tangan secara langsung untuk mendukung keberlangsungan usaha pengrajin batu nisan ini, dan pemerintah juga harus menindak tegas oknum-oknum yang bermain dalam usaha bisnis batu nisan ini. Kata Kunci :Pengrajin Batu Nisan, Interaksi, Pelaku Pasar, Pelaku Non Pasar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 04 Oct 2015 16:40
    Last Modified: 04 Oct 2015 16:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20332

    Actions (login required)

    View Item