REMEDIAL TEACHING MENGGUNAKAN EDUCATION GAME PETUALANGAN FISIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA

Priutami, Okki Wahyu (2014) REMEDIAL TEACHING MENGGUNAKAN EDUCATION GAME PETUALANGAN FISIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (844Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan remedial teaching menggunakan education game petualangan fisika sebagai sumber belajar siswa pada materi suhu dan kalor, (2) menunjukkan adanya sumbangan dari tes remedial teaching I, II dan III terhadap tes formatif menggunakan education game petualangan fisika sebagai sumber belajar siswa pada materi suhu dan kalor, (3) menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tes formatif setelah diberikan remedial teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari nilai tes remedial teaching yang diberikan pada siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi dan tehnik tes. Pengujian instrumen tes dilakukan dengan software MicroCat ITEMAN 3.00. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif untuk mendeskripsikan pelaksanaan penelitian dan analisis kuantitatif untuk pengujian hipotesis. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu model spiral yang saling berkaitan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) remedial teaching menggunakan education game petualangan fisika sebagai sumber belajar siswa pada materi suhu dan kalor dapat dilakukan. Remedial teaching dapat membantu siswa yang memiliki kesulitan belajar untuk dapat mencapai KKM, (2) ada sumbangan yang signifikan dari hasil remedial teaching I, II, dan III terhadap tes formatif pada remedial teaching menggunakan education game petualangan fisika sebagai sumber belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa: (a) tes remedial teaching I memberikan sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 25,5% dan 30,8% terhadap tes formatif (b) tes remedial teaching II memberikan sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 0.013% dan 0.016% terhadap tes formatif (c) tes remedial teaching III memberikan sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 57,2% dan 69,2% terhadap tes formatif, (3) adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tes formatif setelah mengukuti remedial teaching. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa thitung sebesar 7,18 yang nilainya lebih besar dari ttable pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,668 atau 7,18 > 1,668, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada tes formatif setelah mengikuti remedial teaching lebih baik daripada tes ulangan harian. Kata kunci: remedial teaching, education game, sumber belajar, ITEMAN.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 03 Oct 2015 16:28
    Last Modified: 03 Oct 2015 16:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20329

    Actions (login required)

    View Item