ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PERUSAHAAN BUMN SEBELUM DAN SETELAH TERJADI PRIVATISASI (Studi Pada Perusahaan BUMN di Indonesia)

PRATIWI , ASRI DEWI RATNA (2015) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PERUSAHAAN BUMN SEBELUM DAN SETELAH TERJADI PRIVATISASI (Studi Pada Perusahaan BUMN di Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (67Kb) | Preview

    Abstract

    Perusahaan BUMN merupakan perusahaan milik pemerintah yang menjadi salah satu menggerak roda perekonomian negara. Saat krisis keuang melanda Indoensia, terjadi perombakan dalam tatanan perusahaan BUMN. Kebijakan yang diambil oleh pemerintah adalah dengan melakukan privatisasi pada perusahaan BUMN untuk memperbaiki kinerja perusahaan. tjuan dari penelitian ini adalah untuk menanalisis perbandingan kinerja perusahaan BUMN di Indonesia sebelum dan setelah terjadi privatisasi. Pengukuran kinerja perusahaan menggunakan tiga indikator, yaitu profitabilitas, efisiensi dan pengeluaran investasi. Penelitian ini merupakan pengujian hipotesis dengan jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan adalah tiga tahun sebelum privatisasi (t-3, t-2, t-1) hingga tiga tahun setelah privatisasi (t+1, t+2, t+3). Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunderv yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan BUMN. Pengujian hipotesis menggunakan uji beda dua rata-rata berpasangan dan analisis regresi linier. Hasil pengujian menunjukkan perubahan yang signifikan pada kinerja perusahaan BUMN setelah terjadi privatisasi. Kata kunci: perusahaan BUMN, privatisasi, kinerja perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 13:41
    Last Modified: 03 Oct 2015 13:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20302

    Actions (login required)

    View Item