KOMUNIKASI PEMASARAN PT. REKAPRIMA SAPTAKOMUNIKA (RP. 7,- COMMUNICATIONS) SEBAGAI BIRO IKLAN LOKAL DI KOTA SOLO DALAM MENJAGA KESETIAAN PELANGGAN

S, TIARA ROSALIA (2015) KOMUNIKASI PEMASARAN PT. REKAPRIMA SAPTAKOMUNIKA (RP. 7,- COMMUNICATIONS) SEBAGAI BIRO IKLAN LOKAL DI KOTA SOLO DALAM MENJAGA KESETIAAN PELANGGAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (470Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan industri periklanan lokal di kota Solo mendorong tingginya persaingan antar biro iklan lokal, terlebih untuk menarik dan mempertahankan kesetiaan pelanggan agar terus menggunakan jasa yang mereka tawarkan. Sebagai biro iklan lokal yang telah lama berdiri di kota Solo, Rp.7,- COMMUNICATIONS memberikan jasa full service dan juga mengusung konsep komunikasi pemasaran yang terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan promosi pelanggan. Dan untuk dapat terus bersaing dengan biro iklan lain, Rp.7,- COMMUNICATIONS melakukan berbagai bentuk kegiatan komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan berbagai media. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Rp.7,- COMMUNICATIONS sebagai biro iklan lokal di kota Solo dalam menjaga kesetiaan pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, studi dokumen dan data kepustakaan. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dimana peneliti menentukan 6 orang yang menjadi narasumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif (interactive model of analysis) dan jenis validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rp. 7,- COMMUNICATION sebagai biro iklan lokal di kota Solo dalam menjaga kesetiaan pelanggan meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, pemasaran melalui komunikasi dari mulut-kemulut, dan penjualan personal. Dan diantara kegiatan tersebut promosi penjualan, pemasaran langsung, dan penjualan personal terbukti lebih disukai pelanggan dan menguntungkan perusahaan karena terjalinnya kedekatan secara personal antara Rp. 7,- COMMUNICATIONS. Rp. 7,- COMMUNICATIONS menggunakan beberapa strategi untuk menjaga kesetiaan pelanggan agar terus menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan melalui distribusi informasi secara personal, memberikan special treatment, melakukan manajemen pelayanan jasa dan manajemen complaint. Dalam penelitian ini Rp.7,- COMMUNICATIONS lebih mengutamakan interaksi secara personal dalam kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukannya untuk menjaga kesetiaan pelanggan. Kata kunci : Komunikasi pemasaran, biro iklan lokal, kesetiaan pelanggan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 03 Oct 2015 13:20
    Last Modified: 03 Oct 2015 13:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20294

    Actions (login required)

    View Item