PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PG. TASIKMADU KARANGANYAR DI BAGIAN PRODUKSI UNTUK MENGURANGI ANGKA KECELAKAAN KERJA

I. P., TIRABUNGA (2015) PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PG. TASIKMADU KARANGANYAR DI BAGIAN PRODUKSI UNTUK MENGURANGI ANGKA KECELAKAAN KERJA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1092Kb) | Preview

    Abstract

    Keberhasilan suatu perusahaan dalam menghasilkan produk tidak hanya tergantung pada keunggulan teknologi, sarana dan prasarana, melainkan tergantung pada kualitas sumber daya yang mempunyai peran penting dan perlu di perhatikan untuk menjamin kelancaran aktifitas di perusahaan. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat melindungi dan bebas dari kecelakaan kerja pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di PG. Tasikmadu Karanganyar dalam mengelola sampai penerapan standar K3. Serta mengidentivikasi kecelakaan yang terjadi. Metode pembahasan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif yaitu menggambarkan kondisi obyek secara rill atau nyata yang dapat di sertai data berupa tabel maupun gambar dan foto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan teknik pembahasan. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukan bahwa penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada PG. Tasikmadu Karanganyar masih kurang baik, hal ini dapat di lihat dari tidak adanya aturan mengenai penggunaan APD serta sanksi jika melanggar. serta masih banyaknya para pekerja yang kurang sadar akan pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), dan minimnya APD yang disediakan oleh perusahaan, sehingga dengan demikian masih adanya kecelakaan kerja yang terjadi. Penerapan Keselamatan dan Kesehatan kerja yang terkelola dengan baik, di harapkan dapat mengurangi angka kecelakaan kerja, Saran yang dapat disampaikan kepada PG. Tasikmadu adalah membuat peraturan dan sanksi tegas tentang APD, dan melakukan penyuluhan kepada para pekerja akan pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), panitia P2K3 seharusnya menyediakan APD yang cukup sesuai jumlah karyawan. Dengan demikian kebijakan K3 dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan kesejahteraan pekerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 12:47
    Last Modified: 03 Oct 2015 12:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20285

    Actions (login required)

    View Item