“PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN ANTARA FROG LEAPS DAN DOUBLE LEG BOX BOUND TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER ATLETIK SMP NEGERI 4 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2012/ 2013”

PUSPITASARI, ARUM (2015) “PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN ANTARA FROG LEAPS DAN DOUBLE LEG BOX BOUND TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER ATLETIK SMP NEGERI 4 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2012/ 2013”. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (116Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh latihan frog leaps dan double leg box bound terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok. (2) Latihan mana yang lebih efektif antara latihan frog leaps dan double leg box bound terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa putra ekstrakurikuler atletik SMP negeri 4 Boyolali tahun ajaran 2012- 2013 yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran untuk mengukur kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji reliabilitas untuk mengukur tingkat keajegan hasil tes dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui latihan frog leaps dan double leg box bound dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan tes akhir pada kelompok 1 dan kelompok 2 dengan taraf signifikasi 5% diperoleh nilai sebesar = 2,420, sedangkan t = 2,110. Ternyata t hitung > t , yang berarti hipotesis nol ditolak. Berdasarkan hasil penghitungan prosentase peningkatan kemampuan lompat jauh diketahui bahwa, kelompok 1 ( latihan frog leaps ) memiliki nilai prosentase peningkatan kemampuan lompat jauh sebesar 6,56 %. Sedangkan kelompok 2 ( latihan double leg box bound ) memiliki peningkatan kemampuan tolak peluru sebesar 11,440 %. tabel 5% Simpulan penelitian ini adalah : (1) Ada perbedaan pengaruh latihan frog leaps dan double leg box bound terhadap peningkatan kemampuan lompat jauh gaya jongkok. (2) Latihan double leg box bound lebih baik pengaruhnya daripada latihan frog leaps terhadap peningkatan kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Kata Kunci : frog leaps, double leg box bound, lompat jauh gaya jongkok

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 12:32
    Last Modified: 03 Oct 2015 12:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20273

    Actions (login required)

    View Item