PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA DENGAN PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 02 POPONGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014

SETYAWAN, TIMBUL (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA DENGAN PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 02 POPONGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (317Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa melalui penerapan multimedia pembelajaran pada peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Popongan Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02Popongan Karanganyar yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa dengan penerapan multimedia pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa pada peserta didik kelas IV SDN 02 Popongan Karanganyar. Peningkatan ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil nilai kemampuan menulis aksara Jawa dari nilai prasiklus ke tiap siklusnya. Ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, maka hasil yang diperoleh nilai rata-rata kelas hasil prasiklus sebelum tindakan untuk kemampuan menulis aksara Jawa yaitu 55,21, lalu pada siklus I meningkat 73,29 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,23. Selain itu diperoleh data persentase ketuntasan klasikal kemampuan menulis aksara Jawaprasiklus sebesar 34,29%di siklus I meningkat menjadi 62,86%dan siklus II meningkat lagi menjadi 82,86%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan multimedia pembelajarandapat meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Popongan Karanganyar tahun ajaran 2013/2014.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 12:25
    Last Modified: 03 Oct 2015 12:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20272

    Actions (login required)

    View Item