HUBUNGAN ANTARA SIKAP PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DAN PERILAKU HIDUP SEHAT DENGAN PRESTASI BELAJAR EKOLOGI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO TAHUN 2014

Handayani, Setyawati (2015) HUBUNGAN ANTARA SIKAP PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DAN PERILAKU HIDUP SEHAT DENGAN PRESTASI BELAJAR EKOLOGI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO TAHUN 2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (105Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara sikap peduli lingkungan hidup dengan prestasi belajar ekologi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Tahun 2014. (2) hubungan antara perilaku hidup sehat dengan prestasi belajar ekologi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Tahun 2014. (3) hubungan antara sikap peduli lingkungan hidup dan perilaku hidup sehat secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekologi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan yaitu diskripsi dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, yang telah memiliki nilai ekologi pada tahun 2014 sejumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel dengan proporsional random sampling sejumlah 60 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumen dan metode angket. Teknik analisis data dengan korelasi dan regresi ganda. Dari uji analisis korelasi antara sikap peduli lingkungan hidup (X1) dengan prestasi belajar ekologi (Y) diperoleh rxy = 0,874, sedangkan untuk uji analisis korelasi antara perilaku hidup sehat (X2) dengan prestasi belajar ekologi (Y) diperoleh rxy = 0,831, dan hasil uji regresi ganda pada uji hipotesis ke 3 diperoleh R= 0,883. Kesimpulan penelitian dari hasil uji analisis hipotesis ke satu (1) ada hubungan yang positif antara sikap peduli lingkungan hidup dengan prestasi belajar ekologi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. (2) ada hubungan yang positif antara perilaku hidup sehat dengan prestasi belajar ekologi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. (3) ada hubungan yang sangat kuat antara sikap peduli lingkungan hidup dan perilaku hidup sehat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekologi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Kata Kunci : Sikap Peduli Lingkungan Hidup, Perilaku Hidup Sehat dan Prestasi Belajar Ekologi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 03 Oct 2015 12:17
    Last Modified: 03 Oct 2015 12:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20261

    Actions (login required)

    View Item