EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PAIRS CHECK (PC) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

HAFIDHAH, TIEN SYARIFAH (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PAIRS CHECK (PC) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (888Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik, model pembelajaran kooperatif tipe PC dengan pendekatan saintifik, atau model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik, (2) manakah yang menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek keterampilan matematika yang lebih baik antara siswa dengan AQ Climber, Camper, atau Quitter, (3) pada masing-masing model pembelajaran, kategori AQ manakah yang menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek keterampilan matematika yang lebih baik, (4) pada masing-masing kategori AQ, model pembelajaran manakah yang menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek keterampilan matematika yang lebih baik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Sampel yang digunakan yaitu 9 kelas dengan jumlah total siswa kesembilan kelas tersebut adalah 262 siswa. Penelitian ini menggunakan stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes aspek pengetahuan matematika, tes aspek keterampilan matematika dan angket Adversity Quotient. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen tes aspek pengetahuan matematika, tes aspek keterampilan matematika dan angket Adversity Quotient terlebih dahulu diujicobakan. Uji keseimbangan menggunakan analisis variansi multivariat satu jalan dengan sel tak sama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi multivariat dua jalan dengan sel tak sama. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan yang sama dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PC dengan pendekatan saintifik, pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan yang sama dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik, pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PC dengan pendekatan saintifik menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan yang lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik, (2) siswa dengan AQ Climber menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan yang lebih baik daripada siswa dengan AQ Camper dan Quitter, siswa dengan AQ Camper menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan yang sama dengan siswa dengan AQ Quitter, (3) pada masing-masing model pembelajaran siswa dengan AQ Climber menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan yang lebih baik daripada siswa dengan AQ Camper dan Quitter, siswa dengan AQ Camper menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan yang sama dengan siswa dengan AQ Quitter, (4) pada masing-masing AQ pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan yang sama dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PC dengan pendekatan saintifik, pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan yang sama dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik, pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe PC dengan pendekatan saintifik menghasilkan aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan yang lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, NHT, PC, Klasikal, pendekatan saintifik, AQ, aspek pengetahuan, aspek keterampilan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 12:12
    Last Modified: 03 Oct 2015 12:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20260

    Actions (login required)

    View Item