PENERAPAN TAX PLANNING SEBAGAI ALTERNATIF LEGAL GUNA MEMINIMALKAN BEBAN PPh BADAN (Studi Kasus pada PT Central Java Daya Wiguna Indonesia)

LISTYANI, ARUM (2015) PENERAPAN TAX PLANNING SEBAGAI ALTERNATIF LEGAL GUNA MEMINIMALKAN BEBAN PPh BADAN (Studi Kasus pada PT Central Java Daya Wiguna Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (56Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan Tax Planning (perencanaan pajak) yang tepat dalam rangka melakukan efisiensi serta untuk meminimalkan jumlah Beban Pajak Penghasilan Badan pada PT. Central Java Daya Wiguna Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Pajak Penghasilan No 36 Tahun 2008. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu mengumpulkan, menyusun data yang diperoleh dan metode kuantitatif, dimana penulis mengambil data-data yang berhubungan dengan transaksi Pajak Penghasilan Badan antara lain yaitu laporan keuangan tahun 2011 dan laporan keuangan tahun 2012 kemudian menganalisa komponen-komponen yang berhubungan dengan strategi perencanaan pajak yang sudah diterapkan secara benar oleh perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari objek penelitian yang dalam hal ini adalah PT. Central Java Daya Wiguna Indonesia melalui teknik wawancara langsung kepada pihak perusahaan dan data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari perusahaan dan data tersebut sudah diolah seperti latar belakang perusahaan, stuktur organisasi perusahaan dan laporan keuangan perusahaan. Setelah melakukan penganalisaan, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Tax Planning ini maka laba kena pajak perusahaan menjadi lebih kecil dan laba setelah pajak bisa di maksimalkan dengan memperoleh penghematan pajak sekitar Rp 810.306.350,00 pada tahun 2011dan pada tahun 2012 sebesar Rp 992.802.750,00. Saran-saran yang dapat dikemukakan antara lain sebaiknya perusahaan lebih memahami Ketentuan Perpajakan yang berlaku terutama mengenai Pajak Penghasilan Badan. Kata Kunci : Perencanaan Pajak, Pajak Penghasilan Badan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 12:21
    Last Modified: 03 Oct 2015 12:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20259

    Actions (login required)

    View Item