ANALISIS PROSES PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH( PROBLEMBASED LEARNING) MATEMATIKADENGANPENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH ) DIKELAS X SMA NEGERI 1 JOGOROGO KABUPATEN NGAWITAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Rahmawati, Arum Dwi (2015) ANALISIS PROSES PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH( PROBLEMBASED LEARNING) MATEMATIKADENGANPENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH ) DIKELAS X SMA NEGERI 1 JOGOROGO KABUPATEN NGAWITAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (108Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru matematika dan kendala yang dialami selama proses pembelajaran berbasis masalah matematika dengan pendekatan ilmiah di kelas X SMAN 1 Jogorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini diambil menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas X. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik-teknik untuk memvalidasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah konsep Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan proses pembelajaran matematika berbasis masalah dengan pendekatan ilmiah masih belum maksimal, terlihat pada dalam penyusunan RPP dimana guru hanya melihat contoh dari sekolah lain serta melihat acuan pada silabus. Pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru matematika di kelas X SMA Negeri 1 Jogorogo masih belum maksimal. Terlihat dalam indikator 5M pada kegiatan inti yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan belum terlaksana semua. Pada kegiatan mengamati siswa tidak mengalami kesulitan, namun masuk keindikator dan tahap selanjutnya siswa masih kesulitan dalam melakukannya. Pada kegiatan menanya siswa kesulitan membuat pertanyaan, kurangnya motivasi dan daya imajinasi. Pada kegiatan mengumpulkan informasi siswa juga mengalami kesulitan pada sumber belajar karena yang digunakan hanya buku matematika kelas X. Pada tahap mengasosiasi siswa juga terlihat masih kesulitan dalam mengolah informasi, walaupun terkadang guru sudah memberikan arahan supaya siswa mencoba mengolah informasi yang telah diperoleh. Pada tahap yang terkhir cukup baik dalam mengkomunikasikan hasil, respon siswa cukup baik mengungkapkan hasil meskipun guru harus memanggil salah satu siswa telebih dahulu. Mengatasi permasalahan yang ditemukan dalam proses pembelajaran matematika berbasis masalah dengan pendekatan ilmiah guru selalu memberikan motivasi pada setiap tahap pembelajaran dan mencoba mengembangkan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan ilmiah terutama pada kegiatan menanya guru mencoba menggunakan metode lain. Kata kunci:PBL, Scientific Approach

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 12:12
    Last Modified: 03 Oct 2015 12:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20255

    Actions (login required)

    View Item