UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TIPE MIND MAPPING DENGAN MEDIA PRESENTASI PREZI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MURNI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

, ARTIANNINGSIH (2015) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TIPE MIND MAPPING DENGAN MEDIA PRESENTASI PREZI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MURNI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (635Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa dalam mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas X Akuntansi SMK Murni 2 Surakarta melalui penerapan Pendekatan Quantum Learning Tipe Mind Mapping dengan Media Presentasi Prezi. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X Akuntansi SMK Murni 2 Surakarta yang berjumlah 21 siswi. Sumber data berasal dari siswa, guru dan mitra kolaborator. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan Member Check, Triangulasi (data, metode, sumber, instrumen, dan analitik), expert opinion, dan key responden review. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalah model Kunandar. Berdasarkan hasil penelitian melalui penerapan Pendekatan Quantum Learning Tipe Mind Mapping dengan media Presentasi Prezi mampu meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa dari pra survei ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada saat pra survei masih berupa ceramah sehingga persentase partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran hanya 57% saja dengan rata-rata nilai prestasi dalam pelajaran akuntansi pada angka 50. Pada siklus I sudah digunakan Presentasi Prezi yang dikombinasikan dengan tipe pembelajarn Mind Mapping meski masih terdapat beberapa kekurangan, hasil persentase partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran naik 12% dari 57% menjadi 69%, dengan kenaikan rata-rata nilai prestasi belajar Akuntansi siswa dari 50 menjadi 63. Kenaikan signifikan terlihat pada siklus II yang telah menerapkan Mind Mapping dengan media Presentasi Prezi secara optimal sehingga didapat hasil persentase partisipasi belajar sebesar 78%, dan rata-rata nilai prestasi belajar Akuntansi siswa sebesar 75. Simpulan penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Quantum Learning Tipe Mind Mapping melalui penggunaan Media Presentasi Prezi mampu meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar Akuntansi siswa Kelas X Akuntansi SMK Murni 2 Surakarta. Kata Kunci: Mind Mapping, presentasi Prezi, partisipasi, prestasi belajar akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 12:05
    Last Modified: 03 Oct 2015 12:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20252

    Actions (login required)

    View Item