IMPLEMENTASI PROCESS MINING MULTI CHOICE DAN DEFERRED CHOICE WORKFLOW DENGAN PETRI NET UNTUK SELEKSI PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI DAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA

Hidayati, Arofiah (2015) IMPLEMENTASI PROCESS MINING MULTI CHOICE DAN DEFERRED CHOICE WORKFLOW DENGAN PETRI NET UNTUK SELEKSI PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI DAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (159Kb) | Preview

    Abstract

    Proses mining merupakan bagian dari bussines intelligent yang sangat penting untuk sebuah organisasi terutama untuk mencatat event log dan untuk menganalisis sebuah workflow. Ada tiga jenis workflow choice yang digunakan dalam proses mining yaitu exclusive choice, multi choice dan deferred choice. Workflow dimodelkan dengan menggunakan tools, salah satunya petri net. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah petri net dapat diimplementasikan pada proses mining untuk mencatat event log. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan aplikasi seleksi beasiswa dan seleksi mahasiswa berprestasi yang dapat mengkaji log proses dan untuk mengimplementasikan petri net pada multi choice dan deferred choice workflow. Penelitian ini menggunakan multi choice dengan kasus seleksi penerimaan beasiswa dan deferred choice dengan kasus pemilihan mahasiswa berprestasi. Bisnis proses dari masing-masing workflow akan dimodelkan dengan petri net. Validasi bisnis proses dilakukan berdasarkan pemodelan petri net dengan kriteria structural analysis, soundness, liveness, dan boundness untuk mengecek apakah model benar-benar valid. Setelah pemodelan valid didapat matrics incidency dari masing-masing model dan didapatkan data model serta rule yang akan diimplementasikan pada aplikasi proses mining seleksi beasiswa dan seleksi mahasiswa berprestasi untuk mengkaji log proses. Hasil penelitian menunjukkan pemodelan petri net memenuhi kriteria structural analysis, soundness, boundness, dan liveness dan dapat diimplementasikan pada multi choice dan deferred choice untuk proses mining. Aplikasi seleksi beasiswa dan pemilihan mahasiswa berprestasi yang telah dibuat dapat mencacat event log sesuai dengan posisi place dan transition pada pemodelan bisnis proses. Kata kunci— Process Mining, Multi Choice Wokflow Pattern, Deferred Choice, Petri net.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 11:52
    Last Modified: 03 Oct 2015 11:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20239

    Actions (login required)

    View Item