TERPAAN IKLAN, PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER DAN MINAT BELI (STUDI PENGARUH TERPAAN IKLAN KAFFAH DI INSTAGRAM DAN PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN KAFFAH DI AKUN @KAFFAHBYSJ TERHADAP MINAT BELI PADA FOLLOWER AKUN @KAFFAHBYSJ)

PRATIWI, TIARA RISTA (2015) TERPAAN IKLAN, PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER DAN MINAT BELI (STUDI PENGARUH TERPAAN IKLAN KAFFAH DI INSTAGRAM DAN PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN KAFFAH DI AKUN @KAFFAHBYSJ TERHADAP MINAT BELI PADA FOLLOWER AKUN @KAFFAHBYSJ). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1268Kb) | Preview

    Abstract

    Trend belanja online menjadi fenomena baru dalam paradigma berbelanja masyarakat Indonesia saat ini. Mengkomunikasikan produk dan jasa melalui online shop kini banyak dilakukan oleh pemasar. Salah satu media online yang efektif untuk beriklan adalah situs jejaring sosial. Pemasar pun dituntut lebih kreatif dalam membuat sebuah iklan. Salah satu strategi beriklan di media online yang sedang marak dilakukan adalah dengan menggunakan jasa selebriti pendukung (celebrity endorser). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan Kaffah di Instagram dan penggunaan celebrity endorser pada iklan Kaffah di akun @kaffahbysj terhadap minat beli pada follower akun @kaffahbysj. Sebagai sampel dalam penelitian itu adalah follower akun @kaffahbysj, dengan jumlah sampel sebesar 99 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspanatif dan bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode kuesioner dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel terpaan iklan Kaffah di Instagram mempunyai nilai sig sebesar 0,095 > 0,05, yang berarti variabel terpaan iklan Kaffah di Instagram tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pada follower akun @kaffahbysj. Kemudian variabel penggunaan celebrity endorser pada iklan Kaffah di akun @kaffahbysj mempunyai nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti variabel penggunaan celebrity endorser pada iklan Kaffah di akun @kaffahbysj mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pada follower akun @kaffahbysj. Dari kedua hasil tersebut dapat diketahui bahwa hanya variabel celebrity endorser yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pada follower akun @kaffahbysj. Sedangkan hasil dari uji F menunjukkan bahwa nilai sig dari variabel terpaan iklan Kaffah di Instagram dan penggunaan celebrity endorser pada iklan Kaffah di akun @kaffahbysj 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terpaan iklan Kaffah di Instagram dan penggunaan celebrity endorser pada iklan Kaffah di akun @kaffahbysj secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pada follower akun @kaffahbysj. Kata Kunci: Terpaan iklan, Selebriti endorser, Instagram, Minat Beli

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 11:36
    Last Modified: 03 Oct 2015 11:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20238

    Actions (login required)

    View Item