PERUBAHAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI DAMPAK PERUBAHAN MODAL SOSIAL (STUDI KASUS KAMPUNG BADRAN RW 11 KELURAHAN BUMIJO, KECAMATAN JETIS YOGYAKARTA)

TRAJUNINGSIH, THERESIA DAMAI (2015) PERUBAHAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI DAMPAK PERUBAHAN MODAL SOSIAL (STUDI KASUS KAMPUNG BADRAN RW 11 KELURAHAN BUMIJO, KECAMATAN JETIS YOGYAKARTA). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (522Kb) | Preview

    Abstract

    Kampung Badran adalah sebuah desa yang digunakan untuk memiliki reputasi sebagai preman desa dan menghadapi masalah sampah. Seiring waktu, desa ini berhasil mengatasi masalah sampah dengan program pengelolaan sampah berbasis 3R. Keberhasilan ini dilatarbelakangi oleh perubahan modal sosial dan kepemimpinan sebagai katalis dengan adanya kerjasama. Bentuk modal sosial yang mengakibatkan perubahan dalam sistem pengelolaan sampah RW 11 Kampung Badran adalah kepercayaan, norma dan jaringan. Semua tiga bentuk modal sosial mempengaruhi pelaksanaan berbagai bentuk kegiatan pengelolaan sampah yang bank sampah, pengomposan dan pembuatan kerajinan dari sampah. Berdasarkan analisis deskriptif kualitatif dampak modal sosial menemukan bahwa keyakinan mempengaruhi proses transfer pengetahuan dari warga untuk kader, norma mempengaruhi pelaksanaan pengorganisasian dan jaringan berpengaruh dalam perolehan sumber daya dari luar. Kata kunci: modal sosial, kepercayaan, norma, jejaring, 3R

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 11:09
    Last Modified: 03 Oct 2015 11:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20224

    Actions (login required)

    View Item