PENGARUH EKUITAS MEREK PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH DI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

PUTRI , ARNENIA ANJANI (2015) PENGARUH EKUITAS MEREK PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH DI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (106Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh variabel ekuitas merek pendidikan yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara simultan terhadap keputusan siswa dalam memilih sekolah di SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. (2) pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan siswa dalam memilih sekolah di SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. (3) pengaruh asosiasi merek terhadap keputusan siswa dalam memilih sekolah di SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. (4) pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan siswa dalam memilih sekolah di SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. (5) pengaruh loyalitas merek terhadap keputusan siswa dalam memilih sekolah di SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan XI program keahlian akuntansi, administrasi perkantoran, pemasaran, teknik komputer dan jaringan SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 sebesar 489 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling dan proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebesar 83 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji linieritas. Pengujian hipotesis meliputi uji F, uji t, dan koefisien determinasi (Adjusted R Square). Persamaan regresi adalah Y= 5,616 + 0,180X 1 + 0,284X 2 + 0,187X 3 + 0,312X Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel ekuitas merek pendidikan yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara simultan terhadap variabel keputusan memilih sekolah. Nilai F 4. hitung 48.964 > 2,489 dan probabilitas 0,000 (p < 0,05). (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara parsial terhadap variabel keputusan memilih sekolah. Kesadaran merek memiliki nilai t hitung > t atau 2,233 > 1,991 dan probabilitas 0,028 (p < 0,05). Asosiasi merek memiliki nilai t tabel hitung > t atau 4,584 > 1,991 dan probabilitas 0,000 (p < 0,05). Persepsi kualitas memiliki nilai t tabel atau 2,668 > 1,991 dan probabilitas 0,009 (p < 0,05). Loyalitas merek memiliki nilai t hitung > t atau 4,437 > 1,991 dan probabilitas 0,000 (p < 0,05). Nilai Adjusted R Square sebesar 70,1% diartikan bahwa keputusan memilih sekolah dipengaruhi oleh variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan tabel loyalitas merek, sedangkan sisanya sebesar 29,9% dipengaruhi oleh variabel lain. > F tabel hitung atau > t tabel Kata kunci: ekuitas merek, keputusan memilih sekolah, strategi pemasaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 11:27
    Last Modified: 03 Oct 2015 11:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20222

    Actions (login required)

    View Item