PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DALAM DINAMIKA ATMOSFER TAHUN AJARAN 2013/2014

ASTUTI, TANJUNG FITRI (2015) PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DALAM DINAMIKA ATMOSFER TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1328Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui optimalisasi lingkungan sebagai sumber belajar dengan pendekatan scientific dalam meningkatkan proses belajar geografi peserta didik pada materi Interaksi manusia dan Lingkungan dalam Dinamika Atmosfer di SMA N 1 Karanganyar. 2) mengetahui optimalisasi lingkungan sebagai sumber belajar dengan pendekatan scientific dalam meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik pada materi Interaksi manusia dan Lingkungan dalam Dinamika Atmosfer di SMA N 1 Karanganyar Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek Penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 2 SMA N 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 peserta didik. Objek penelitian adalah proses dan hasil belajar geografi pada materi interaksi manusia dan lingkungan dalam dinamika atmosfer kaitannya dengan optimalisasi sumber belajar lingkungan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan deskriptif komparatif. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan optimalisasi lingkungan sebagai sumber belajar dengan pendekatan scientific pada materi interaksi manusia dan lingkungan dalam dinamika atmosfer dapat meningkatkan proses dan hasil belajar geografi. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I indikator ketuntasan belajar peserta didik sebesar 65.7% kemudian meningkat menjadi 85.7%. pada siklus II, kemudian pada indikator proses belajar peserta didik siklus Isebesar 74.7% meningkat menjadi 87.7% pada siklus II, pada indikatot keaktifan dan motivasi peserta didik pada siklus I sebesar 66.9% meningkat menjadi 80.4% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan optimalisasi lingkungan sebagai sumber belajar dengan pendekatan scientific pada materi interaksi manusia dan lingkungan dalam dinamika atmosfer (1) dapat meningkatkan proses belajar geografi peserta didik kelas X IPA 2 Tahun Ajaran 2013/2014 dan (2) dapat meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas X IPA 2 Tahun Ajaran 2013/2014.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 08:28
    Last Modified: 03 Oct 2015 08:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20195

    Actions (login required)

    View Item