PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DENGAN MEDIA FLANELGRAF DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN KENOYOJAYAN TAHUN AJARAN 2014/2015

MUNIROH, SYARIFATUL (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DENGAN MEDIA FLANELGRAF DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN KENOYOJAYAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (964Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Index Card Match dengan media flanelgraf; (2) meningkatkan pembelajaran IPS, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan metode pembelajaran Index Card Match dengan media flanelgraf dalam peningkatan pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Kenoyojayan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode Index Card Match dengan media flanelgraf dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah: siswa memperhatikan penjelasan guru menggunakan media flanelgraf, guru mengacak kartu pertanyaan dan kartu jawaban, guru menyampaikan aturan permainan, siswa mendapatkan masing-masing satu kartu, siswa mencari pasangan kartu, siswa bersama pasangannya membacakan kartu pertanyaan, siswa bersama guru mengkonfirmasi jawaban, siswa bersama guru mengulas materi pelajaran menggunakan media flanelgraf, siswa bersama guru membuat kesimpulan materi pelajaran. (2) Penerapan metode pembelajaran Index Card Match dengan media flanelgraf dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Kenoyojayan. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meninggkatnya proses belajar dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Proses belajar pada siklus I mencapai 77%, meningkat pada siklus II menjadi 81,5%, meningkat lagi pada siklus III menjadi 89%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan 59,25. Pada siklus I rata-ratanya mencapai 85,3 dan meningkat menjadi 86,75 pada siklus II, meningkat lagi menjadi 87,88 pada siklus III. (3) Kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Index Card Match dengan media flanelgraf meliputi: guru masih kesulitan untuk mengkondisikan siswa, beberapa siswa menolak berpasangan dengan lawan jenis, siswa masih kurang berani bertanya maupun mengemukakan pendapat. Solusinya adalah guru menasihati siswa yang gaduh, guru memberi pujian kepada siswa yang mendapat pasangan lawan jenis, dan guru memberi motivasi kepada siswa supaya lebih aktif. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode Index Card Match dengan media flanelgraf yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kenoyojayan tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Index Card Match, media flanelgraf, IPS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 08:16
    Last Modified: 03 Oct 2015 08:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20193

    Actions (login required)

    View Item