PENGELOLAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS INKUIRI PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 KAYEN

SYAMSIYATUZZAHROK, (2015) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS INKUIRI PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 KAYEN. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (110Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Geografi Berbasis Inkuiri pada siswa SMA Negeri Kayen.; (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaranGeografi Berbasis Inkuiri pada siswa SMA Negeri Kayen. (3)Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Geografi Berbasis Inkuiri pada siswa SMA Negeri Kayen . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dansiswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Perencanaan pembelajaran Geografi Berbasis Inkuiri pada siswa SMA Negeri Kayen mengacup ada silabus, di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran harus ada tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. (2)Pelaksanaan pembelajaran Geografi Berbasis Inkuiri pada siswa SMA Negeri Kayenagar peserta didik dapat mencapai tujuan atau menemukan konsep-konsep materi pembelajaran yang diterangkan, memberikan alternative pemecahannya, memonitor proses belajar mengajar, membantu peserta didik yang mengalami hambatan dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik aktifmelakukan eksplorasi, observasi, investigasi dengan bimbingan guru.(3)evaluasi pembelajaran Geografi berbasis inkuiridi SMA N 1 Kayen Pati, dilaksanakan disetiap pertemuan dan juga pada saat pergantian Kompetensi Dasar, dari hasil tes tersebut guru dapat mengetahui keberhasilan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Penilaian dilakukandari proses dan hasil.. Hasil evaluasi disampaikan kepada wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan Kepala Sekolah SMA N 1 Kayen Pati, salah satu tinjak lanjut dari laporan hasil evaluasi tersebut adalah peninjauan kembali keefektifan metode pembelajaran yang digunakan untuk mata pelajaran geografi. Kata Kunci: Pengelolaan, pembelajaran, inkuiri, geografi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 07:59
    Last Modified: 03 Oct 2015 07:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20190

    Actions (login required)

    View Item