PENANAMAN NILAI –NILAI PERJUANGAN DIPONEGORO DALAM PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS SMP DIPONEGORO DEPOK TAHUN AJARAN 2014/2015)

SUYANTI, (2015) PENANAMAN NILAI –NILAI PERJUANGAN DIPONEGORO DALAM PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS SMP DIPONEGORO DEPOK TAHUN AJARAN 2014/2015). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (722Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1).Pemahaman guru terhadap nilai-nilai perjuangan Diponegoro di SMP Diponegoro, (2).Strategi Guru dalam penanaman nilai-nilai perjuangan Diponegoro di SMP Diponegoro (3).Proses penanaman nilai-nilai perjuangan Diponegoro dalam pembelajaran IPS dengan materi Perlawanan Rakyat Indonesia terhadap Penjajah, (4).Kendala-kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai perjuangan Diponegoro sebagai pendidikan karakter di SMP Diponegoro, (5). Hasil penanaman nilai-nilai perjuangan Diponegoro sebagai pendidikan karakter di SMP Diponegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah informan, arsip dan dokumen, tempat dan peristiwa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, pencatatan dokumen. Tehnik sampling menggunakan purposive sampling. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Tehnik analisis data yang digunakan adalah model interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Pemahaman guru terhadap nilai-nilai perjuanganDiponegoro adalah berupa sikap religius, kejujuran, peduli dan semangat kebangsaan yang tinggi. (2). Strategi guru dalam penanaman nilai-nilai perjuanganDiponegoro adalah melalui budaya sekolah, keteladanan, dan pembelajaran IPS. (3). Proses penanaman nilai-nilai perjuangan Diponegoro adalah nilai religius yang dilakukan dengan berdoa bersama, nilai kejujuran yang dilakukan dengan kegiatan mencari informasi dan memaparkan hasil diskusi beserta sumber yang ada secara apa adanya bukan plagiat, dan nasehat agar tidak menyontek, nilai peduli dilakukan dengan anjuran untuk menjenguk teman yang sakit, kemauan bekerjasama dengan kelompok dan nilai semangat kebangsaan dilakukan kegiatan mendengarkan dan menceritakan kisah perjuangan para pahlawan, dan mengenai tokoh-tokoh melalui gambar. (4) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penanaman nilai-nilai perjuangan Diponegoro sebagai pendidikan karakter di SMP Diponegoro adalah kurangnya sumber belajar danpengaruh negatif arus Globalisasi. (5). Hasil penanaman nilai-nilai perjuangan Diponegoro adalah (a). Sikap religius, kejujuran, peduli, dan semangat kebangsaan semakin meningkat, (b). Prestasi akademik peserta didik semakin meningkat. Kata Kunci: Nilai-nilai perjuangan Diponegoro, pembelajaran IPS, Pendidikan Karakter, SMP Dipenegoro

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 07:18
    Last Modified: 03 Oct 2015 07:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20181

    Actions (login required)

    View Item