RANCANG BANGUN TUNGKU PENCAIRAN LOGAM ALUMUNIUM BERKAPASITAS 2 KG DENGAN MEKANISME TAHANAN LISTRIK (PERANCANGAN DAN PEMBUATAN)

SUTRISNO, (2015) RANCANG BANGUN TUNGKU PENCAIRAN LOGAM ALUMUNIUM BERKAPASITAS 2 KG DENGAN MEKANISME TAHANAN LISTRIK (PERANCANGAN DAN PEMBUATAN). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (761Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan tugas akhir ini untuk membantu perancangan tungku pencairan logam alumunium berkapasitas 2 kg dengan mekanisme tahanan listrik. Perancangan tungku yang tepat dan penggunaan material yang tepat dalam proses pencairan logam alumunium yang efektif dan berkualitas baik. Tata cara perancangan tungku yang tepat menghasilkan alat yang benar dan ekonomis. Perancangan ini dilakukan dengan tahap pembuatan : penentuan batasan perancangan, desain konsep model kowi dan kontruksi pendukungnya, penentunan material yang akan digunakan, pembuatan model 3D dengan software catia, pembuatan gambar kerja komponen, pembuatan prototipe. Perancangan menghasilkan tungku pencairan logam alumunium berkapasitas 2 kg dengan mekanisme tahanan listrik, yang mempunyai ukuran dimensi ruangan panjang 520 mm, lebar 280 mm dan tinggi 900 mm, menggunakan 2 elemen pemanas jenis tubular yaitu 2300W/230V dan 1200W/230V yang dililitkan pada kowi yang berdiameter 140 mm dengan tinggi 130 mm. Dinding tungku dilapisi calsium silicate yang tahan panas hingga 1000°C serta dinding luar tungku dilapisi pelat stainless steel. Profil kotak ukuran 25 mm x 25 mm, tebal 1,2 mm sebagai dudukan untuk mempermudah saat penuangan alumunium yang sudah cair dengan cara memutar tuas. Kata kunci : tungku, alumunium, perancangan, kowi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 06:54
    Last Modified: 03 Oct 2015 06:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20177

    Actions (login required)

    View Item