PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SOFTWARE LECTORA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL HUDA WONOGIRI

SUTARTO, (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SOFTWARE LECTORA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL HUDA WONOGIRI. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (295Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah (1) memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran di SDIT Al Huda Wonogiri, (2) menemukan prosedur pengembangan produk multimedia pembelajaran interaktif yang tepat, (3) menemukan multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan software Lectora, (4) memperoleh keefektifan multimedia pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Populasi penelitian adalah siswa kelas 4 di SDIT Al Huda Wonogiri dan SDIT Al Huda Sidoharjo. Model pengembangan mengadopsi dari ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik analisis data menggunakan uji t. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Kuesioner untuk mengukur motivasi dan tes digunakan untuk mengukur prestasi siswa. Tahap uji coba produk multimedia dilakukan sebanyak tiga kali (uji one to one, uji kelompok kecil, uji kelompok besar). Hasil uji coba produk menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Implementasi produk dilakukan di dua sekolah yaitu SDIT Al Huda Wonogiri dan SDIT Al Huda sidoharjo. Hasilnya adalah : (1) di SDIT Al Huda Wonogiri hasil uji t terhadap prestasi menunjukkan nilai sig 2-tailed = 0,023 < α = 5%, sehingga pengaruh produk dalam meningkatkan prestasi adalah signifikan. Pada motivasi siswa diperoleh sig 2-tailed = 0,003 < α = 5%, sehingga pengaruh produk multimedia interaktif dalam meningkatkan motivasi adalah signifikan. (2) di SDIT Al Huda Sidoharjo hasil uji t terhadap prestasi menunjukkan nilai sig 2-tailed = 0,005 < α = 5%, sehingga pengaruh produk dalam meningkatkan prestasi adalah signifikan. Pada motivasi siswa diperoleh sig 2-tailed = 0,038 < α = 5%, sehingga pengaruh produk dalam meningkatkan motivasi adalah signifikan. Kata kunci : Multimedia pembelajaran interaktif, Lectora, IPA, prestasi, motivasi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 06:39
    Last Modified: 03 Oct 2015 06:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20172

    Actions (login required)

    View Item