EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2012/2013

SUTARMAN, (2015) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (294Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang mendapatkan pembelajaran model Think-Talk-Write (TTW), Missouri Mathematics Project (MMP) dan Konvensional, (2) Manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang mempunyai gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, (3) Siswa manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dengan penerapan pembelajaran model Think-Talk-Write (TTW), Missouri Mathematics Project (MMP) dan Konvensional pada masing-masing gaya belajar. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Pacitan pada Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah statified cluster random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 275 siswa yang terdiri dari tiga grup. Tiga grup tersebut terdiri dari eksperimen I, eksperimen II, dan kelas kontrol. Dari masing-masing grup, eksperimen I terdiri dari 92 siswa, eksperimen II terdiri dari 92 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 91 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket gaya belajar siswa, tes prestasi belajar matematika dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai pembelajaran model TTW prestasi belajarnya sama dengan siswa yang dikenai pembelajaran model MMP, tetapi lebih baik bila dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang dikenai pembelajaran model Konvensional, sedangkan prestasi belajar siswa yang dikenai pembelajaran model MMP sama baiknya dengan prestasi belajar siswa yang dikenai pembelajaran model Konvensional, (2) Prestasi belajar matematika antara siswa dengan gaya belajar visual lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa dengan gaya belajar auditorial maupun kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik, (3) Prestasi belajar matematika untuk setiap gaya belajar, siswa yang dikenai pembelajaran model TTW prestasinya belajarnya sama dengan siswa yang dikenai pembelajaran model MMP, tetapi lebih baik bila dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang dikenai pembelajaran model Konvensional, sedangkan prestasi belajar siswa yang dikenai pembelajaran model MMP sama baiknya dengan prestasi belajar siswa yang dikenai pembelajaran model Konvensional.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 06:34
    Last Modified: 03 Oct 2015 06:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20170

    Actions (login required)

    View Item