PERANKINGAN BIBIT BAWANG MERAH DI DESA BULUHARJO, MAGETAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE)

PURNAMASARI, NITA EKA (2015) PERANKINGAN BIBIT BAWANG MERAH DI DESA BULUHARJO, MAGETAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (601Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nita Eka Purnamasari, 2014. PERANKINGAN BIBIT BAWANG MERAH DI DESA BULUHARJO, MAGETAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret. Pada awal tahun 2013, terjadi kenaikan harga bawang merah. Hal ini diduga bahwa persediaan bawang merah yang ada sedikit. Oleh karena itu, dalam skripsi ini dilakukan perankingan bibit bawang merah untuk memaksimalkan hasil produksi bawang merah. Penelitian dilakukan di Desa Buluharjo. Faktor yang mempengaruhi produksi bawang merah adalah bibit yang digunakan. Ada tiga jenis bibit bawang merah yang ditanam petani di desa tersebut yaitu bibit Philiphina, bibit Thailand, dan bibit Bauji. Skripsi ini bertujuan untuk mengaplikasikan metode AHP dan PROMETHEE dalam menentukan perankingan bibit bawang merah. Kriteria yang digunakan adalah masa tanam, pengairan, banyak pupuk yang digunakan, hasil panen, dan harga bibit bawang merah. Penentuan bobot kriteria dihitung menggunakan metode AHP. Perankingan bibit bawang merah dihitung menggunakan metode PROMETHEE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bibit bawang merah dengan ranking pertama adalah bibit berjenis Thailand. Kata kunci : perankingan, AHP, PROMETHEE.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 03 Oct 2015 06:26
    Last Modified: 03 Oct 2015 06:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20166

    Actions (login required)

    View Item