PENGEMBANGAN MODUL TERMOKIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 KURIKULUM 2013

SISWANTI, SUSI (2015) PENGEMBANGAN MODUL TERMOKIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (161Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) hasil setiap tahapan pengembangan modul termokimia berbasis problem solving untuk siswa SMA kelas XI semester 1 Kurikulum 2013 (2) kelayakan modul termokimia berbasis problem solving yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli, penilaian praktisi dan respon siswa (3) keefektifan modul termokimia berbasis problem solving yang dikembangkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA kelas XI semester 1 Kurikulum 2013. Penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi sembilan tahapan. Uji coba skala kecil dan uji coba operasional dilaksanakan di SMAN 1 Girimarto, SMAN 1 Jatisrono dan SMAN 1 Sidoharjo dengan subyek 16 siswa untuk uji skala kecil dan 154 siswa untuk uji coba operasional. Uji coba lapangan utama dilakukan di SMAN 1 Girimarto dengan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Kelayakan modul diperoleh dari penilaian validator ahli, praktisi dan respon siswa melalui angket menggunakan skala Ordinal dengan skor 1 sampai 5. Efektivitas modul diperoleh dari analisis uji-t perbedaan rata-rata gain score hasil tes pengetahuan, rata-rata penilaian ketrampilan, dan sikap pada uji lapangan utama di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil dari setiap tahapan pengembangan dimulai dari studi pendahuluan diperoleh informasi untuk dikembangkan bahan ajar yang sesuai dengan karakter siswa dan kebutuhan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 sehingga dikembangkan modul termokimia berbasis problem solving (2) modul termokimia berbasis problem solving yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran siswa SMA kelas XI semester 1 Kurikulum 2013 berdasarkan validasi ahli, penilaian praktisi dan respon siswa dengan persentase sebesar 83,87% (3) modul termokimia berbasis problem solving efektif meningkatkan prestasi belajar pengetahuan, sikap dan ketrampilan siswa. Kata Kunci: Modul, Problem Solving, Termokimia, Kurikulum 2013

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 06:23
    Last Modified: 03 Oct 2015 06:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20165

    Actions (login required)

    View Item