PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE,ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 KALIJIRAK TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015

FITRIANI, SUSI (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE,ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 KALIJIRAK TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (410Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bereksperimen melalui model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada siswa kelas V SD Negeri 01 Kalijirak Tasikmadu Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Kalijirak Tasikmadu Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 Yyang berjumlah 25 siswa. Sumber data berasal dari guru kelas V, data nilai keterampilan bereksperimen prasiklus dan saat tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, dokumentasi, portofolio, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen pada siswa kelas V SD Negeri 01 Kalijirak Tasikmadu Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata keterampilan bereksperimen siswa pada prasiklus adalah 65,8 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 40% siswa yang mencapai batas nilai KKM sebesar 75. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,7 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 60%. Pada siklus II, nilai rata- rata kelas meningkat 77,8 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 76%. Pada siklus III, nilai rata-rata kelas meningkat 86,4 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 96%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen pada siswa kelas V SD Negeri 01 Kalijirak Tasikmadu Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: SETS (Science, Environment, Technology, and Society), Keterampilan Bereksperimen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 06:09
    Last Modified: 03 Oct 2015 06:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20164

    Actions (login required)

    View Item