PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU POST PARTUM TERHADAP PERAWATAN BAYI BARU LAHIR

WATI, SUSI ERNA (2015) PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU POST PARTUM TERHADAP PERAWATAN BAYI BARU LAHIR. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (566Kb) | Preview

    Abstract

    PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU POST PARTUM TERHADAP PERAWATAN BAYI BARU LAHIR ( Studi Eksperimen Di Ds. Sukorejo Kec. Gurah Kab. Kediri) Susi Erna Wati. S541202149. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Dr. Sariyatun, M.Pd. M.Hum. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Dan Tingkat Pendidikan Ibu Post Partum Terhadap Perawatan Bayi Baru Lahir ( Studi Eksperimen Di Ds. Sukorejo Kec. Gurah Kab. Kediri ). Tesis Program Studi Magister Kedokteran Keluarga. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta 2013. Latar Belakang: Perawatan bayi baru lahir harus diketahui oleh setiap ibu postpartum agar ibu dapat melakukannya dengan benar karena bayi merupakan usia yang sangat rawan terhadap berbagai infeksi penyakit. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan dan tingkat pendidikan ibu post partum terhadap perawatan bayi baru lahir. Metode: Penelitian ini berrsifat true eksperimental dengan pendekatan post test desaign. Rancangan yang paling tepat adalah menggunakan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu post partum di Ds. Sukorejo Kec. Gurah Kab. Kediri dengan sampel 20 responden tiap kelompok diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas penyuluhan dan pendidikan ibu postpartum, variabel terikat perawatan bayi baru lahir. Teknik pengumpulan data dengan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan uji Anova 2 jalan. Hasil: Ada pengaruh penyuluhan terhadap perawatan bayi baru lahir. Hasil uji menunjukkan nilai F sebesar 57,757 pada p < 0,001. Ada pengaruh langsung tingkat pendidikan terhadap perawatan bayi baru lahir. Hal ini dapat dilihat dari nilai F sebesar 33,528 dan signifikan pada p < 0,001. Ada pengaruh penyuluhan dan pendidikan secara interaksi terhadap perawatan bayi baru lahir. Hasil uji menunjukkan nilai F sebesar 6,088 pada p = 0,018. Nilai R Squared sebesar 0,729 diartikan bahwa variabilitas pendidikan dan penyuluhan mempengaruhi perawatan bayi baru lahir sebesar 72,9%. Kesimpulan: pendidikan berpengaruh terhadap perawatan bayi baru lahir selain penyuluhan. Disarankan petugas kesehatan melaksanakan penyuluhan dengan metode ceramah dan leaflet karena lebih efektif.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 03 Oct 2015 06:04
    Last Modified: 03 Oct 2015 06:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20163

    Actions (login required)

    View Item