HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SEMESTER I MAHASISWA PROGRAM STUDI D IV BIDAN PENDIDIK

Ningrum, Luhayu Peni Sejati (2014) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SEMESTER I MAHASISWA PROGRAM STUDI D IV BIDAN PENDIDIK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (199Kb) | Preview

    Abstract

    Gaya belajar merupakan kombinasi menyerap, mengatur serta mengolah informasi. Menurut Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam Quantum Learning ada tiga macam gaya belajar, yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Prestasi belajar dipengaruhi banyak faktor, antara lain kemampuan melaksanakan gaya belajar yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar. Metode yang digunakan observasional analitik dengan pendekatan case control. Analisis data menggunakan uji chi square dan untuk mengetahui keeratan hubungan menggunakan uji koefisien kontingensi dengan SPSS 16 For Windows.Hasil penelitian adalah X2 hitung 13,890 > X2 tabel9,488, Nilai p hasil analisis adalah 0,008. Berarti nilai p< 0,05.Sedangkan keeratan hubungan sebesar 0,366 yang berarti tingkat hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar rendah. Kesimpulannya bahwa mayoritas mahasiswa prodi D IV Bidan Pendidik STIKES Ngudi Waluyo Tahun Ajaran 2013/2014 melaksanakan gaya belajar visual dan mayoritas prestasi belajar yang dicapai adalah baik/sangat memuaskan, serta terdapat hubungan yang bermakna antara gaya belajar dengan prestasi belajar, dengan kata lain hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci : Gaya Belajar, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 03 Oct 2015 22:17
    Last Modified: 03 Oct 2015 22:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20147

    Actions (login required)

    View Item