PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) MELALUI METODE SIMULASI DAN ROLE PL AYING DITINJAU DARI KREATIVITAS VERBAL DAN GAYA BELAJAR SISWA

Widiastuti, Ken Retnaningdyah (2013) PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) MELALUI METODE SIMULASI DAN ROLE PL AYING DITINJAU DARI KREATIVITAS VERBAL DAN GAYA BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (178Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh Pembelajaran Biologi Model CLIS melalui Metode Simulasi dan Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa , ditinjau dari K reativitas V erbal dan G aya B elajar S iswa, serta interaksi antara Pembelajaran Biologi Model CLIS melalui Metode Simulasi dan Role Playing dengan Kreativitas Verbal, serta dengan Gaya Belajar Siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2011 Juni 2012 dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI I SM P Negeri 2 Geneng Ngawi T ahun P elajaran 2011/2012. Sampel penelitian terdiri atas 2 kelas terbagi menjadi dua kelompok yang diambil secara cluster random sampling . Kelompok I adalah Kelas VI I - A menggunakan Metode Role Playing dan kelompok II adalah kelas VI I - F menggunakan Metode Simulasi . Data kreativitas verbal dikumpulkan dengan metode Pre - Tes , data gaya bel ajar dikumpulkan dengan metode angket, data hasil belajar afektif da n psikomotor dikumpulkan dengan lembar observasi dan metode angket, serta data hasil belajar kognitif dengan metode Post - T es . Instrumen pengambilan data tersebut diuji dahulu dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran soal, serta uji daya pembeda butir soal. Selanjutnya, d ata dianalisis dengan desain fa ktorial 2x2x 3 dan menggunakan s oftware PASW versi 18 . Tahapan analisis adalah: statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, serta ANOVA . Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) ada pengaruh Pembelajaran Biologi Model CLIS melalui Metode Simulasi dan Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa ; 2) ada pengaruh Kreativitas Verbal terhadap Hasil Belajar Siswa ; 3) tidak ada pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa ; 4) tidak ada interaksi antara Pembelajaran Biologi Model CLIS me lalui Metode Simulasi dan Role Playing dengan Kreativitas Verbal; 5) tidak ada interaksi antara Pembelajaran Biologi Model CLIS melalui Metode Simulasi dan Role Playing dengan Gaya Belajar Siswa; 6) tidak ada interaksi antara Kreativitas Verbal dengan Gaya Belajar Siswa; 7) tidak ada interaksi antara Pembelajaran Biologi Model CLIS melalui Metode Simulasi dan Role Playing dengan Kreativitas Verbal, serta dengan Gaya Belajar Siswa. Kata Kunci : Children Learning In Science (CLIS) , M etode Simulasi , Metode R ole Playing , K reativitas Verbal , G aya B elajar .

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 04 Oct 2015 12:03
    Last Modified: 04 Oct 2015 12:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20143

    Actions (login required)

    View Item