UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MATA UANG MELALUI METODE KARYAWISATA PADA SISWA TUNAGRAHITA K E LAS V I SLB N EGERI SALATIGA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013

JUZAN, (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MATA UANG MELALUI METODE KARYAWISATA PADA SISWA TUNAGRAHITA K E LAS V I SLB N EGERI SALATIGA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (432Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Juzan . UPAYA MENINGKAT KAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MATA UANG MELALUI METODE KARYAWISATA PADA SISWA TUNAGRAHITA K ELAS V I SLB N EGERI SALATIGA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013 . Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta . Juli 2013 . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematikamateri mata uang melalui metode karyawisata pada siswa tunagrahita kelas V I SLB Negeri Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 . Penelitian ini adalah Penel itian Tindakan Kelas (PTK). Subj ek yang memperoleh perlakuan adalah siswa tunagrahita kelas VI SLB Negeri Salatiga yang berjumlah enam siswa . Teknik pengumpulan data di lakukan dengan dokumentasi, tes , dan observas i . Validitas data menggunakan validitas isi yaitu ketepatan suatu te s dilihat dari segi isi pembelajaran . Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan nilai antar siklus dan te knik analisis kritis untuk mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika materi mata uang pada siswa tunagrahita kelas VI SLB Negeri Salatiga dari kondisi pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil prestasi belajar pra siklus menunjukkan 0% siswa yang mencapai ketuntasan, siklus I meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II mengalami peningkatan hingga 100% siswa tuntas dalam pemb elajaran matematika materi mata uang. Nilai rata - rata siswa pada pra siklus yaitu 45 meningkat menjadi 63.33 pada siklus I, dan meningkat menjadi 77.50 pada siklus II. Keberhasilan tindakan ditentukan berdasarkan indikator kinerja. Berdasarkan hasil analis is tersebut ditarik kesimpulan bahwa melalui metode karyawisata dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi mata uang siswa tunagrahita kelas VI SLB Negeri Salatiga. Kata kunci : Tunagrahita, karyawisata, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 04 Oct 2015 11:59
    Last Modified: 04 Oct 2015 11:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20141

    Actions (login required)

    View Item