UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VII G MTs NEGERI SURAKARTA II TAHUN AJARAN 2013/2014

Faizah, Silmi Munifatul (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VII G MTs NEGERI SURAKARTA II TAHUN AJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (871Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan menerapkan pendekatan quantum learning dan (2) meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan pendekatan quantum learning. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri Surakarta II pada awal bulan September 2013 hingga akhir bulan Desember. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII G dan siswa kelas VII G MTs Negeri Surakarta II. Data berupa RPP, foto, hasil tulisan siswa, catatan lapangan, daftar nilai, dan catatan hasil wawancara. Sumber data meliputi: tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Indikator ketercapaian sebesar 80%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan quantum learning mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi ditandai meningkatnya keaktifan, perhatian, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan pendekatan quantum learning dapat meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII G MTs Negeri Surakarta II. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dilakukan selama tiga siklus. Pada pratindakan jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 sebanyak 20 siswa (48%) dengan nilai rata-rata sebesar 68,61. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai 75 meningkat menjadi 24 siswa (57%) kenaikan sebesar 9%. Nilai rata-rata kelas sebesar 71,95. Pada siklus II sebanyak 28 siswa (67%) sudah mencapai nilai 75 atau meningkat sebesar 10% dari siklus I, dengan nilai rata-rata kelas naik menjadi 75,11. Peningkatan ini belum mencapai ketuntasan klasikal sebesar 80%. Dengan demikian, pembelajaran menulis pengalaman pribadi dilanjutkan pada siklus III. Pada siklus III siswa yang dapat mencapai nilai 75 sebanyak 37 siswa (88%) dengan nilai rata-rata 79,04. Pada siklus III ini pencapaian nilai baik dari kualitas proses maupun kemampuan menulis pengalaman pribadi telah mencapai ketuntasan yang lebih dari 80%. Kata kunci: menulis pengalaman pribadi, kualitas proses, pendekatan quantum learning

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Oct 2015 21:09
    Last Modified: 02 Oct 2015 21:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20126

    Actions (login required)

    View Item