UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (Penelitian Dilakukan di Kelas VII E SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013)

Pamungkas, Sigit (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (Penelitian Dilakukan di Kelas VII E SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (145Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment division) pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari keaktifan siswa dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil observasi pada siklus I diperoleh rata-rata prosentase keaktifan siswa mencapai 74,50% dengan prosentase kegiatan visual sebesar 76,84%, kegiatan lisan 58,33%, dan kegiatan menulis 88,34%. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata prosentase keaktifan siswa sebesar 7,98% menjadi 82,48% dengan prosentase kegiatan visual sebesar 86,92%, kegiatan lisan 71,34%, dan kegiatan menulis 89,17%. Sedangkan dari hasil tes pada siklus I, prosentase ketuntasan siswa sebesar 40,00% dan pada siklus II prosentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 46,67% menjadi 86,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment division) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil refleksi akhir, hal ini dikarenakan dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa terlibat aktif berdiskusi dalam kelompok yang heterogen, terlibat aktif dalam kegiatan presentasi kelas. Selain itu dengan adanya kuis, skor kemajuan individu dalam kelompok, dan penghargaan kelompok, setiap individu berlomba memperoleh nilai terbaik untuk kelompoknya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Oct 2015 21:04
    Last Modified: 02 Oct 2015 21:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20125

    Actions (login required)

    View Item