PERANCANGAN KEY PERFORMANCE INDICATORS (KPI) MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DAN PAIRWISE COMPARISON DI PT. ASTON SYSTEM INDONESIA

FEBRINATA, (2013) PERANCANGAN KEY PERFORMANCE INDICATORS (KPI) MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DAN PAIRWISE COMPARISON DI PT. ASTON SYSTEM INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (467Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Febrinata , NIM : I0309022. PERANCANGAN KEY PERFORMANCE INDICATORS (KPI) MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DAN PAIRWISE COMPARISON DI PT. ASTON SYSTEM INDONESIA . Tugas Akhir. Surakarta : Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik, Univ ersitas Sebelas Maret, Oktober 2013. Pengukuran kinerja penting dilakukan untuk mengetahui kinerja perusahaan pada masa lampau dan untuk menentukan strategi pada masa depan. Balanced Scorecard merupakan salah satu metode pengukuran kinerja yang dapat memb erikan informasi kinerja perusahaan dari berbagai aspek yaitu, aspek financial , aspek customer , aspek internal bu siness process , dan aspek learning and growth . Penelitian ini bertujuan untuk merancang Key Performance Indicator (KPI) pada PT. Aston System Indonesia menggunakan Balanced Scorecard . Tahapan perancangan KPI menggunakan Balanced Scorecard diawali dengan penjabaran visi misi perusahaan yang kemudian dijadikan dasar dalam meny usun sasaran strategis. Kemudian dilakukan pembobotan sasaran strategis menggunakan Pairwise Comparison untuk mendapatkan bobot dari sasaran strategis. Selanjutnya ditentukan indikator kinerja yang berfungsi untuk mengukur pencapaian sasaran strategis. Setelah itu dilakukan pembobotan terhadap indi kator kinerja pada setiap sasaran strategisnya. Setelah diketahui bobot sasaran strategis dan bobot indikator kinerja maka dilakukan penentuan KPI. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 19 sasaran strategis dan 39 indikator kinerja dan 7 KPI. KPI yang terpilih yaitu persentase printer yang di servis ulang ( rework ), tingkat penyerahan yang tepat waktu, tingkat produk cacat, profit margin , jumlah penjualan per frontliner , tingkat komplain pelanggan, dan lama waktu servis. Selain itu diperoleh 5 KPI untuk divisi yang terdapat pada outlet yaitu divisi service , divisi finance and accounting , dan divisi sales and marketing . Kata Kunci : Pengukuran K inerja, Balanced Scorecard, Key Performance Indicator, Pairwise C omparison

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 04 Oct 2015 10:53
    Last Modified: 04 Oct 2015 10:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20121

    Actions (login required)

    View Item