PENGARUH PELAYANAN PRAMUSAJI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI RESTORAN NARENDRA THE SUNAN HOTEL SOLO

Anggraini, Silvia (2015) PENGARUH PELAYANAN PRAMUSAJI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI RESTORAN NARENDRA THE SUNAN HOTEL SOLO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (138Kb) | Preview

    Abstract

    Laporan Tugas Akhir ini mengakaji tentang pelayanan pramusaji dalam meningkatkan kualitas pelayanan di restoran narendra The Sunan Hotel Solo, pelayanan yang digunakan pramusaji, pengaruh pelayanan dalam meningkatkan kualitas pelayanan, dan kendala yang dihadapi oleh pramusaji. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan pramusaji dalam meningkatkan kualitas pelayanan di restoran The Sunan Hotel Solo. Dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif kualitatif. Menganalisa tentang tema peneliti yang faktual dan sistematis. Dengan data yang sesungguhnya dan berdasarkan informasi yang sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan pramusaji dalam meningkatkan kualitas pelayanan di restoran narendra memiliki pengaruh dalam meningkatkan kunjungan tamu di restoran. Hal ini dibuktikan dengan prosentase responden 86% yaitu tentang sikap pramusaji dapat dikatakan baik, keramahtamahan pramusaji 98%, pelayanan pramusaji dalam menanggapi permintaan tamu 92%, pelayanan pramusaji menjelaskan tentang menu makanan 86%, dan pelayanan pramusaji secara keseluruhan dengan prosentase 98%. Adanya kendala dalam meningkatkan kualitas pelayanan ini menjadi sebuah tantangan yang harus diatasi oleh pelaku restoran (pramusaji). Kesimpulan pelayanan pramusaji berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan di restoran narendra. Hasil ini diperoleh berdasarkan penilaian responden terhadap pramusaji selama melayani tamu di restoran tersebut. Kualitas pelayanan yang dirasa baik oleh tamu memeberikan dampak positif yakni keinginan tamu untuk mengunjungi kembali bahkan merekomendasikan pada teman, saudara maupun kerabat dan menumbuhkan kepuasan bagi tamu yang bersantap di restoran narendra. Kata Kunci: pengaruh, pelayanan, pramusaji, kualitas pelayanan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Oct 2015 20:36
    Last Modified: 02 Oct 2015 20:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20117

    Actions (login required)

    View Item