UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ARIAS TERINTEGRASI DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING TOURNAMENT PADA SISWA KELAS X AK 2 SMK N 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014

HERMAWATI, LISA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ARIAS TERINTEGRASI DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING TOURNAMENT PADA SISWA KELAS X AK 2 SMK N 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (747Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan keaktifan belajar pada siswa kelas X AK 2 SMK N 3 Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014; dan (2) Meningkatkan hasil belajar akuntasi siswa kelas X AK 2 SMK N 3 Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014 dengan menggunakan strategi pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pem-belajaran aktif learning tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas X AK 2 SMK N 3 Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari 31 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian berasal dari guru, siswa, aktivitas pembelajaran, dan hasil tes siswa. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi sedangkan validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan penyidik. Analisis data manggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ARIAS terintegrasi dengan pembelajaran aktif learning tournament dapat meningkatkan: (1) Keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan presentase keaktifan belajar siswa yang mengalami kenaikan dari pra tindakan sampai siklus ke II, pada siklus I keaktifan mengalami kenaikan sebesar 14%, yaitu dari 50% menjadi 64%, pada siklus II keaktifan juga mengalami kenaikan sebesar 19%, yaitu dari 64% menjadi 83%; (2) Hasil belajar siswa untuk setiap kompetensi juga mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II, untuk kompetensi sikap mengalami kenaikan dari 84% menjadi 90% pada siklus I dan naik lagi menjadi 97% pada siklus II; untuk kompetensi pengetahuan mengalami kenaikan dari 84% menjadi 94% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II; kompetensi keterampilan juga mengalami kenaikan setiap siklusnya, yaitu dari 42% naik menjadi 61% pada siklus I dan menjadi 94% pada siklus II. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, ARIAS, Learning Tournament

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 02 Oct 2015 20:12
    Last Modified: 02 Oct 2015 20:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20113

    Actions (login required)

    View Item