Penilaian Perilaku Kerja Pegawai Negeri Sipil di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Menggunakan Pendekatan Fuzzy Inference System Mamdani

SEKTIAWAN, ADI (2015) Penilaian Perilaku Kerja Pegawai Negeri Sipil di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Menggunakan Pendekatan Fuzzy Inference System Mamdani. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (668Kb) | Preview

    Abstract

    Perilaku kerja merupakan bagian dari prestasi kerja yang membahas setiap tingkah laku, sikap, atau tindakan yang dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan yang tercantum pada Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (Perka BKN) no. 1 tahun 2013. Aspek yang dinilai dalam perilaku kerja yaitu orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerja sama, dan kepemimpinan. Karena aspek yang dinilai tersebut masih memberikan uraian global, maka proses penilaian pegawai masih cenderung mengira-ngiranya sendiri menurut pendapat individu yang menilai. Nilai yang diberikan oleh individu yang satu dengan yang lain dapat jauh berbeda karena subyektivitas tiap-tiap penilai. Untuk memperkecil unsur subyektivitas tersebut, penulis mencoba mengimplementasikan Fuzzy Inference System (FIS) dengan metode mamdani dengan alasan bahwa metode tersebut mampu melakukan proses penilaian karena sifatnya yang intuitif, yaitu dapat disesuaikan dengan perasaan manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fuzzy Inference System dengan metode Mamdani dapat diimplementasikan untuk menilai efektifitas kinerja dosen dengan kriteria Peraturan Badan Kepegawaian Negara no. 1 tahun 2013 di kalangan Pegawai Negeri Sipil karena mampu melakukan penilaian berdasarkan pertimbangan pakar yang diimplementasikan dalam bentuk rule untuk mengurangi subyektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keakuratan sistem sebesar 100%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 Oct 2015 11:34
    Last Modified: 03 Oct 2015 11:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20111

    Actions (login required)

    View Item