PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW II PADA SISWA KELAS V SDN II MANYARAN KECAMATAN MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010

PERBOWATI, LINNA (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW II PADA SISWA KELAS V SDN II MANYARAN KECAMATAN MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (913Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan bermain drama melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw II pada siswa kelas V SDN II Manyaran Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 10 laki- laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas pada pra siklus peningkatan kemampuan bermain drama untuk aspek lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi. Nilai rataratanya adalah 64,4 dengan prosentase siswa yang mencapai KKM 26,7%. Pada siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan bermain drama untuk aspek lafal dan intonasi. Nilai rata- ratanya adalah 73,7 dengan prosentase siswa yang mencapai KKM 60%. Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan bermain drama untuk aspek lafal, intonasi dan penghayatan. Nilai rata- ratanya adalah 82,4 dengan prosentase siswa yang mencapai KKM 80%. Pada akhir siklus III menunjukkan peningkatan kemampuan bermain drama untuk aspek lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi. Nilai rata- ratanya adalah 86,8 dengan prosentase siswa yang mencapai KKM 100%. Dengan demikian diajukan simpulan bahwa Peningkatan Kemampuan Bermain Drama Dengan Penggunaan Model Kooperatif Teknik Jigsaw II Pada Siswa Kelas V SDN II Manyaran Tahun Pelajaran 2009/ 2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 02 Oct 2015 19:57
    Last Modified: 02 Oct 2015 19:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20109

    Actions (login required)

    View Item